Sabtu, 09 April 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAI Kelas X SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA
Oleh : Drs. Agus Subandi Guru SMAN 5 Karawang


Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 1
Pertemuan ke : 1,2,3
Alokasi Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 memnit )

I. Standar Kompetensi
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai
Khalifah di bumi.
II. Kompetensi Dasar
1.1 Membaca Q.S. Al-Baqarah : 30, Q.S. Al-Mu’minun : 12-14, Q.S. Adz-Dzariyah : 56, Q.S An-Nahl : 78
1.2 Menjelaskan arti Q.S. Al-Baqarah : 30, Q.S. Al-Mu’minun 12-14, Q.S Adz-Dzariyat 56 dan Q.S An-Nahl 78
1.3 Membiasakan perilaku sebagai khaliah di bumi seperti terkandung dalam
Q.S Al-Baqarah : 30, Q.S Al-Mu’minun : 12-14, Q.S Adz-Dzariyat : 56
Q.S An-Nahl : 78
III. Indikator
1. Membaca Q.S. Al-Baqarah : 30, Q.S. Al-Mu’minun : 12-14, Q.S. Al-Adz-Dzariyat : 56, Q.S An-Nahl : 78

30. ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."


12. dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah.
13. kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim).
14. kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. kemudian Kami jadikan Dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.


56. dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.


78. dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

2. Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al-Baqarah : 30, Q.S. Al-Mu’minun : 12-14, Q.S. Adz-Dzariyat : 56, Q.S An-Nahl : 78
3. Mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah : 30, Q.S. Al-Mu’minun: 12-14, Q.S Adz-Dzariyat: 56, Q.S An-Nahl:78
4. Mengartikan tiap kata ayat Q.S. Al-Baqarah : 30, Q.S Al-Mu’minun : 12-14, Q.S. Adz-Dzariyat : 56, Q.S An-Nahl : 78
5. Menjelaskan makna Q.S. Al-Baqarah : 30, Q.S. Al-Mu’minun : 12-14, Q.S. Adz-Dzariyat : 56, Q.S An-Nahl : 78
6. Menghafalkan Q.S. Al-Baqarah : 30, Q.S. Al-Mu’minun : 12-14, Q.S. Adz-Dzariyat : 56, Q.S An-Nahl : 78
7. Menulis Q.S. Al-Baqarah : 30, Q.S. Al-Mu’minun : 12-14, Q.S. Adz-Dzariyat : 56, Q.S An-Nahl : 78
8. Mentranslate huruf Arabic ke dalam huruf latin Q.S Al-Baqarah : 30, Q.S Al-Mu’minun : 12-14, Q.S Adz-Dzariyat : 56, Q.S An-Nahl : 78
9. Menulis ayat Al-Qur’an ke dalam Komputer Arabic / Minipad Q.S Al-Baqarah : 30, Q.S Al-Mu’minun : 12-14, Q.S Adz-Dzariyat : 56, Q.S An-Nahl : 78
10. Menafsirkan ayat Q.S Al-Baqarah : 30, Q.S Al-Mu’minun : 12-14, Q.S Adz-Dzariyat : 56, Q.S An-Nahl : 78
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Perrtemuan pertama :
Membaca dengan fasih surat Al-Baqarah : 30
Mentajwidkan surat Al-Baqarah : 30
Mengartikan Surat Al-Baqarah : 30
Menyimpulkan kandungan surat Al-Baqarah : 30
Menghafal surat Al-Baqarah : 30
Menulis surat Al-Baqarah : 30
Pertemuan kedua :
Membaca dengan fasih surat Al-Mu’minun : 12-14
Mentajwidkan surat Al-Mu’minun : 12-14
Mengartikan surat Al-Mu’minun : 12-14
Memnyimpulkan kandungan surat Al-Mu’minun : 12-14
Menghafal surat Al-Mu’minun : 12-14
Menulis surat Al-Mu’minun : 12-14
Pertemuan ketiga :
Membaca surat Adz-Dzariyat : 56 dan An-Nahl : 78
Mentajwidkan surat Adz-Dzariyat : 56 dan An-Nahl : 78
Mengartikan surat Adz-dzariyat : 56 dan An-Nahl : 78
Menyimpulkan kandungan surat Adz-Dzariyat : 56 dan An-Nahl : 78
Menghafal surat Adz-Dzariyat : 56 dan An-nahl : 78
Menulis surat Adz-dzariyat : 56 dan An-Nahl : 78
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman
B. Metode : Tanya Jawab, Penugasan, Latihan
C. Langkah-langkah :

No. Pertemuan Materi Kegiatan Tugas
Tadarrus/Appersepsi
1 I Membaca fasih Q.S al baqarah 30 Latihan
2 Mentajwidkan Q.S al baqarah 30 Tanya Jawab
3 Mengartikan Q.S al baqarah 30 Tanya Jawab
4 Menyimpulkan Q.S al baqarah 30 Tanya Jawab
5 Mengafal Q.S al baqarah 30 Latihan
6 Menulis Q.S al baqarah 30 Latihan
7 II Membaca fasih Q.S al mukminun 12-14 Latihan
8 Mentajwidkan Q.S al mukminun 12-14 Tanya Jawab
9 Mengartikan Q.S al mukminun 12-14 Tanya Jawab
10 Menyimpulkan Q.S al mukminun 12-14 Tanya jawab
11 Menghafal Q.S al mukminun 12-14 Latihan
12 Menulis Q.S al mukminun 12-14 Latihan
13 III Membaca fasih Q.S adz-dzariyat 56 Latihan
dan an-nahl 78
14 Mentajwidkan Q.S adz-dzatiyat 56 Tanya Jawab
dan an-nahl 78
15 Menyimpulkan Q.S adz-dzariyat 56 Tanya Jawab
dan anhl 78
16 Menghafal Q.S adz-dzariyat 56 Latihan
dan an nahl 78
17 Menulis Q.S adz-dzariyat 56 Latihan
dan an nahl 78


VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Buku Paket PAI
CD Al-Qur’an
Komputer Arabic
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir

Karawang, 9 Juli 2009
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,


Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
2 (Dua)

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 1
Pertemuan ke : 4,5,6
Alokasi Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 memnit )
I. Standar Kompetensi
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
II. Kompetensi Dasar
Membaca Q.S. Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S. Al-Bayyinah : 5
Menjelaskan arti Q.S Al-An-‘Aam: 162-163, Q.S Al-Bayyinah : 5
Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam Q.S. Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S. Al-Bayyinah : 5
III. Indikator
1. Membaca Q.S. Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S. Al-Bayyinah : 5


162. Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
163. tiada sekutu bagiNya; dan demikian Itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)".


5. Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1595], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.
[1595] Lurus berarti jauh dari syirik (mempersekutukan Allah) dan jauh dari kesesatan
2. Mengidentifikasi tajwid Q.S Al-An-‘Aam:162-163, Q.S Al-Bayyinah : 5
3. Mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam Q.S. Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S. Al-Bayyinah : 5
4. Arti tiap kata ayat Q.S Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S Al-Bayyinah : 5
5. Menjelaskan makna Q.S. Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S. Al-Bayyinah : 5
6. Menghafalkan Q.S. Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S. Al-Bayyinah : 5
7. Menulis Q.S. Al-An=’Aam : 162-163, Q.S. Al-Bayyinah : 5
8. Mentranslate huruf Arabic ke dalam huruf latin Q.S Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S Al-Bayyinah : 5
9. Menulis ayat Al-Qur’an ke dalam Komputer Arabic / Minipad Q.S Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S Al-Bayyinah : 5
10. Menafsirkan ayat Q.S Al-An-‘Aam : 162-163, Q.S Al-Bayyinah : 5
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan keempat :
Membaca dengan fasih surat Al-An-‘Aam : 162
Mentajwidkan surat Al-An-‘Aam : 162
Mengartikan Surat Al-An-‘Aam : 162
Menyimpulkan kandungan surat Al-An-‘Aam : 162
Menghafal surat Al-An-‘Aam : 162
Menulis surat Al-An-‘Aam : 162
Pertemuan kelima :
Membaca dengan fasih surat Al-An-‘Aam : 163
Mentajwidkan surat Al-An-‘Aam : 163
Mengartikan surat Al-An-‘Aam : 163
Menyimpulkan kandungan surat Al-An-‘Aam : 163
Menghafal surat Al-An-‘Aam : 163
Menulis surat Al-An-‘Aam : 163
Pertemuan keenam :
Membaca surat Al-Bayyinah : 5
Mentajwidkan surat Al-Bayyinah : 5
Mengartikan surat Al-Bayyinah : 5
Menyimpulkan kandungan surat Al-Bayyinah : 5
Menghafal surat Al-Bayyinah : 5
Menulis surat Al-Bayyinah : 5
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman
B. Metode : Tanya Jawab, Penugasan, Latihan
C. Langkah-langkah :

No. Pertemuan Materi Kegiatan Tugas
Tadarrus/appersepsi
1 IV Membaca fasih Q.S al an-'aam 162 Latihan
2 Mentajwidkan Q.S al-an'aam 162 Tanya Jawab
3 Mengartikan Q.S al-an'aam 162 Tanya Jawab
4 Menyimpulkan Q.S al-an'aam 162 Tugas
5 Mengafal Q.S al-an'aam 162 Latihan
6 Menulis Q.S al-an'aam 162 Latihan
7 V Membaca fasih Q.S al-an'aam 162 Latihan
8 Mentajwidkan Q.S al-an'aam 162 Tanya Jawab
9 Mengartikan Q.S al-an'aam 162 Tanya Jawab
10 Menyimpulkan Q.S al-an'aam Tanya Jawab
11 Menghafal Q.S al-an'aam 162 Latihan
12 Menulis Q.S al-an'aam 162 Latihan
13 VI Membaca fasih Q.S al bayyinah 5 Latihan
14 Mentajwidkan Q.S al bayyinah 5 Latihan
15 Menyimpulkan Q.S al bayyinah 5 Tanya Jawab
16 Menghafal Q.S al bayyinah 5 Latihan
17 Menulis Q.S al bayyinah 5 Latihan


VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Buku Paket PAI
CD Al-Qur’an
Komputer Arabic
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir
Karawang, 9 Juli 2009
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,


Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
3 ( Tiga )

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 1
Pertemuan ke : 7,8,9
Alokasi Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 memnit )

I. Standar Kompetensi
3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
dalam asmaa-al husna
II. Kompetensi Dasar
Menyebutkan 10 sifat Allah dalam Asmaa-ul Husna
Menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaa-ul Husna
Menampilkan perilaku yang mencierminkan keimanan terhadap 10 Sifat Allah dalam Asmaa-ul Husna
III. Indikator
1. Pengertian Asmaa-ul Husna.
2. Hadits tentang fadhilah yang hafal Asmaa-ul Husna.
3. Ayat Al-Qur’an yang menjelaskan Asmaa-ul Husna.
a. Al ‘Adl : Allah Yang Maha Adil

90. Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) Berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.
b. Al Ghaffar : Allah Yang Maha Pengampun


22. dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka mema'afkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang[1032],
[1032] Ayat ini berhubungan dengan sumpah Abu Bakar r.a. bahwa Dia tidak akan memberi apa-apa kepada kerabatnya ataupun orang lain yang terlibat dalam menyiarkan berita bohong tentang diri 'Aisyah. Maka turunlah ayat ini melarang beliau melaksanakan sumpahnya itu dan menyuruh mema'afkan dan berlapang dada terhadap mereka sesudah mendapat hukuman atas perbuatan mereka itu.

c. Al Hakim : Allah Yang Maha Bijaksana

15. dan menghilangkan panas hati orang-orang mukmin. dan Allah menerima taubat orang yang dikehendakiNya. Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana

84. dan Dialah Tuhan (yang disembah) di langit dan Tuhan (yang disembah) di bumi dan Dia-lah yang Maha Bijaksana lagi Maha mengetahui.

d. Al Malik : Allah Yang Maha Menguasai / Mejarai

116. Maka Maha Tinggi Allah, raja yang sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (yang mempunyai) 'Arsy yang mulia.
e. Al Hasib : Allah Yang Maha Menghitung

86. apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)[327]. Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.
[327] Penghormatan dalam Islam Ialah: dengan mengucapkan Assalamu'alaikum.

47. Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, Maka Tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan.

f. Al Mutakabbir : Allah Yang Memiliki Kebesaran


23. Dialah Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, yang Maha Suci, yang Maha Sejahtera, yang Mengaruniakan Keamanan, yang Maha Memelihara, yang Maha perkasa, yang Maha Kuasa, yang memiliki segala Keagungan, Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

g. Al Lathiif : Allah Yang Maha Lembut


19. Allah Maha lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezki kepada yang di kehendaki-Nya dan Dialah yang Maha kuat lagi Maha Perkasa.

h. Al ‘Adziim : Allah Yang Maha Agung


255. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi[161] Allah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.
[161] Kursi dalam ayat ini oleh sebagian mufassirin diartikan dengan ilmu Allah dan ada pula yang mengartikan dengan kekuasaan-Nya.
i. Al Haq : Allah yang Maha Benar

53. Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa Sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?

j. Al Ghaniyy : Allah Yang Maha Kaya


15. Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah Dialah yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.

4. Menjelaskan nama-nama Allah dalam Asmaa-ul Husna.
5. Menyebutkan arti nama-nama Allah dalam Asmaa-ul Husna.
6. Menjelaskan penggunaan Asmaa-ul Husna dalam ibadah.
7. Menghafalkan 10 macam Asmaa-ul Husna.
8. Menghafalkan arti 10 macam Asmaa-ul Husna.
9. Menerapkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Perrtemuan ketujuh :
Menjelaskan pengertian Asmaa-ul Husna.
Menjelaskan hadits tentang fahilah yang hafal Asmaa-ul Husna.
Menyebutkan ayat yang menjelaskan Asmaa-ul Husna.
Pertemuan kedelapan :
Menjelaskan nama-nama Allah dalam Asmaa-ul Husna.
Menyebutkan arti nama-nama Allah dalam Asmaa-ul Husna.
Menjelaskan penggunaan Asmaa-ul Husna dalam ibadah.
Pertemuan kesembilan :
Menghafalkan 10 macam Asmaa-ul Husna.
Menyebutkan arti 10 macam Asmaa-ul Husna.
Menerapkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman
B. Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Latihan
C. Langkah-langkah :

No. Pertemuan Materi Kegiatan Tugas
Appersepsi
1 VII Pengertian Asmaa-al husna Tanya jawab
2 Hadits fadhilah yang hafal asmaa-al Latihan
husna
3 Ayat yang menjelaskan asmaa-al husna Latihan
4 VIII Nama-nama Allah dalam Asmaa-ul Husna Tanya Jawab
5 Arti nama-nama Allah dalam asmaa=al Tanya Jawab
husna
6 Penggunaan Asmaa-al husna dalam ibadah Latihan
7 IX Menghafal 10 Asmaa-al Husna Latihan
8 Menghafal arti 10 Asmaa-ul Husna Latihan
9 Menerapkan perilaku yang mencerminkan Diskusi
keimanan 10sifat Allah

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Buku Paket PAI
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir

Karawang, 9 Juli 2009
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,


Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 1962041619850310






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
4 ( Empat )

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 1
Pertemuan ke : 10,11
Alokasi Waktu : 4 Jam ( 2 X 45 memnit )

I. Standar Kompetensi
4. Membiasaka perilaku terpuji.
II. Kompetensi Dasar
Menyebutkan perilaku husnudhon.
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnudhon terhadap Allah, diri sendiri dan sesama manusia.
Membiasakan perilaku husnudhon dalam kehidupan sehari-hari.
III. Indikator
1. Menyebutkan pengertian husnudhon.
2. Menyebutkan ayat yang berkaitan dengan husnudhon.
3. Menyebutkan arti ayat yang berkaitan dengan husnudhon.
4. Menyebutkan contoh husnudhon terhadap Allah.
5. Menyebutkan contoh husnudhon terhadap diri sendiri.
6. Menyebutkan contoh husnudhon terhadap sesame manusia.
7. Menunjukkan sikap husnudhon terhadap Allah.
8. Menunjukkan sikap husnudhon terhadap diri sendiri.
9. Menunjukkan sikap husnudhon terhadap sesame manusia.

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan kesepuluh :
1. Menyebutkan pengertian husnudhon.
2. Menyebutkan ayat yang berkaitan dengan husnudhon.
3. Menyebutkan arti ayat yang berhubungan dengn husnudhon.
4. Menyebutkan contoh husnudhon terhadap Allah.
Pertemuan kesebelas :
5. Menyebutkan contoh husnudhon terhadap diri sendiri.
6. Menyebutkan contoh husnudhon terhadap sesame manusia.
7. Menunjukkan sikap husnudhon terhadap Allah.
8. Menunjukkan sikap husnudhon terhadap diri sendiri.
9. Menunjukkan sikap husnudhon terhadap sesame manusia.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman
B. Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Latihan
C. Langkah-langkah :
No. Pertemuan Materi Kegiatan Tugas
Appersepsi
1 X Menyebutkan arti husnudhon Tanya Jawab
2 Menyebutkan ayat husnudhon Latihan/Tugas
3 Menyebutkan arti ayat husnudhon Tanya Jawab
4 Contoh husnudhon terhadap Allah Diskusi
5 XI Contoh husnudhon terhadap diri Diskusi
sendiri
6 Contoh husnudhon terhadap Diskusi
sesamanya
7 Sikap husnudhon terhadap Allah Tanya Jawab
8 Sikap husnudhon terhadap diri Tanya Jawab
sendiri
9 Sikap husnudhon terhadap Tanya Jawab
sesamanya

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
1. Al-Qur’an
2. Al-Qur’an dan terjemahannya
3. Buku Paket PAI
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir
Karawang, 9 Juli 2009
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,


Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 19620416198503101


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
5( Lima )

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 1
Pertemuan ke : 12,13
Alokasi Waktu : 4 Jam ( 2 X 45 memnit )
I. Standar Kompetensi
5. Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi dan hikmah ibadah
II. Kompetensi Dasar
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
III. Indikator
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai
Sumber hukum Islam.
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Hadits sebagai sumber hukum Islam.
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Ijma’ sebagai sumber hukum Islam.
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Qiyas sebagai sumber hukum Islam.
Menjelaskan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi.
Menjelaskan macam-macam hukum taklifi.
Menjelaskan contoh macam-macam hukum taklifi.
Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Perrtemuan keduabelas :
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai hukum Islam.
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi hadits sebagai sumber hukum Islam.
Menyebutkan pengertian, kedudukan Ijma’ sebagai sumber hukum Islam.
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi Qiyas sebagai sumber hukum Islam.
Pertemuan ketigabelas :
Menyebutkan pengertian, kedudukan dan fungsi hukum taklifi dalam hukum Islam.
Menjelaskan macam-macam hukum taklifi.
Menjelaskan contoh macam-macam hukum taklifi dalam hukum Islam.
Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hukum taklifi.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman, Emosional
B. Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Latihan
C. Langkah-langkah :

No. Pertemuan Materi Kegiatan Tugas
Appersepsi
1 XII Pengertian, kedudukan,fungsi Al-Qur'an Tanya Jawab
2 Pengertian, kedudukan,fungsi Hadits T J
3 Pengertian, kedudukan,fungsi Ijma' Tanya Jawab
4 Pengertian, kedudukan,fungsi Qias Tanya Jawab
5 XIII Pengertian, kedudukan,fungsi hukum Tanya Jawab
taklifi
6 Macam-macam hukum taklifi Tanya Jawab
7 Contoh macam-macam hukum taklifi Diskusi
8 Menunjukkan perilaku sesuai hukum Tanya Jawab
taklifi

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Buku Paket PAI

VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir
Karawang, 9 Juli 2009
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,


Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
6 ( Enam )
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 1
Pertemuan ke : 14,15
Alokasi Waktu : 4 Jam ( 2 X 45 memnit )
I. Standar Kompetensi
6. Memahami keteladanan Rasulullah saw. dalam membina ummat periode
Makkah
II. Kompetensi Dasar
Menceriterakan sejarah dakwah Rasulullah saw. periode Makkah.
Mendiskripsikan substansi dan strategi dakwah rasulullah saw. periode Makkah.
III. Indikator
Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah saw. pada periode Makkah dalam buku Sejarah Rasulullah saw. dan Al-Qur’an.
Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah Rasulullah saw. periode Makkah.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas tentang sejarah Rasulullah saw. periode Makkah.
Menyimpulkan hasil diskusi tentang sejarah Rasulullah saw. periode Makkah.
Menjelaskan substansi dakwah Rasulullah saw. periode Makkah.
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw. periode Makkah.
Menjelaskan hikmah mempelajari sejarah Rasulullah saw. periode Makkah.
Meneladani cara dakwah Rasulullah saw. periode Makkah dalam kehidupan sehari-hari.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan keempatbelas :
Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah saw. dalam buku Sejarah Rasulullah saw. dan Al-Qur’an.
Mendiskusikan dalam kelompok tentang sejarah Rasulullah saw. periode Makkah.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas tentang sejarah dakwah Rasulullah saw. periode Makkah.
Menyimpulkan hasil diskusi tentang sejarah dakwah Rasulullah saw. periode Makkah.
Pertemuan kelimabelas
Menjelaskan substansi dakwah Rasulullah saw. periode Makkah.
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw. periode Makkah.
Menjelaskan hikmah dakwah Rasulullah saw. periode Makkah.
Meneladani cara dakwah Rasulullah saw. periode Makkah dalam kehidupan sehari-hari.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman, Emosional
B. Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Demonstrasi
C. Langkah-langkah :
No. Pertemuan Materi Kegiatan Tugas
Appersepsi

1 XIV Mengumpulkan kisah-kisah dakwah Rasulullah Saw.Diskusi
2 Mendiskusikan dakwah Rasulullah Saw. periode Diskusi
Makkah
3 Presentasi dakwah Rasulullah Saw. periode Demonstrasi
Makkah
4 Menyimpulkan hasil diskusi dakwah Rasulullah Tanya Jawab
Saw.
5 XV Menjelaskan substansi dakwah Rasulullah Saw. Tanya Jawab
periode Makkah
6 Strategi dakwah Rasulullah Saw periode Makkah Diskusi
7 Hikmah dakwah Rasulullah saw. periode Makkah Diskusi
8 Menunjukkan perilaku meneladani dakwah Tanya Jawab
dakwah Rasulullah Saw.

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Buku Paket PAI
Buku Sejarah Rasullah saw.
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir
Karawang, 9 Juli 2009
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,


Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
7 ( Tujuh )

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 2
Pertemuan ke : 1,2,3
Alokasi Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 menit )

I. Standar Kompetensi
7. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi.
II. Kompetensi Dasar
Membaca Q.S. Ali Imran : 159, Q.S Asy-Syuuro : 38
7.2 Menjelaskan arti Q.S Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38
Menampilkan perilaku hidup demokratis sesuai Q.S Ali Imran : 59,
Q.S Asy-Syuuro : 38
III. Indikator
Membaca Q.S. Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
Mengidentifikasi tajwid Q.S. Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
Mengartikan masing-masing kata yang terdapat pada Q.S Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
Mengartikan tiap kata ayat Q.S. Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
Menjelaskan makna Q.S. Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
Menghafalkan Q.S. Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
Menulis Q.S. Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
Mentranslate huruf Arabic ke dalam huruf latin Q.S Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
Menulis ayat Al-Qur’an ke dalam Komputer Arabic / Minipad Q.S Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
Menafsirkan ayat Q.S Ali Imran : 59, Q.S Asy-Syuuro : 38.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan pertama :
Membaca dengan fasih surat Ali Imran : 59.
Mentajwidkan surat Ali Imran : 59.
Mengartikan Surat Ali Imran : 59.
Menyimpulkan kandungan surat Ali Imran : 59.
Menghafal surat Ali Imran : 59.
Menulis surat Ali Imran : 59.
Pertemuan kedua :
Membaca dengan fasih surat Asy-Syuuro : 38.
Mentajwidkan surat Asy-Syuuro : 38
Mengartikan surat Asy-Syuuro : 38.
Menyimpulkan kandungan surat Asy-Syuuro : 38.
Pertemuan ketiga :
Menghafal surat Asy-Syuuro : 38.
Menulis surat Asy-Syuuro : 38.
Menunjukkan perilaku demokratis sesuai Q.S Ali Imran : 59
Menunjukkan perilaku demokratis sesuai Q.S Asy-Syuuro : 38.
Menunjukkan manfaat perilaku demokratis dalam kehidupan bermasyarakat.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman
B. Metode : Tanya Jawab, Penugasan, Latihan
C. Langkah-langkah :

No. Pertemuan Materi Kegiatan Tugas
Tadarrus/Appersepsi
1 I Membaca fasih Q.S Ali Imran 59 Latihan
2 Mentajwidkan Q.S Ali Imran 59 Tanya Jawab
3 Mengartikan Q.S Ali Imran 59 Tanya Jawab
4 Menyimpulkan Q.S Ali Imran 59 Tugas
5 Menghafal Q.S Ali Imran 59 Latihan
6 Menulis Q.S Ali Imran 59 Latihan
7 II Membaca fasih Q.S Asy-syuuro 38 Latihan
8 Mentajwidkan Q.S Asy-syuuro 38 Tanya Jawab
9 Mengartikan Q.S Asy-syuuro 38 Tanya Jawab
10 Menyimpulkan Q.S Asy-syuuro 38 Tugas
11 III Menghafal Q.S Asy-syuuro 38 Latihan
12 Menulis Q.S Asy-syuuro 38 Latihan
13 Perilaku demokratis Tanya Jawab
sesuai Q.S Asy-syuuro 38
14 Perilaku demokratis sesuai Tanya Jawab
Q.S Asy-syuuro 38

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Buku Paket PAI
CD Al-Qur’an
Komputer Arabic
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir

Karawang, Januari 2010
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,


Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
8( Delapan )

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 2
Pertemuan ke : 4,5,6
Alokasi Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 menit )
I. Standar Kompetensi
8. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
Menampilkan perilaku sebagai cerminan beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
III. Indikator
Menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat.
Menyebutkan ayat yang berhubungan dengan kewajiban beriman kepada Malaikat.
Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan kewajiban beriman kepada Malaikat.
Menjelaskan tugas Malaikat.
Menjelaskan manfaat beriman kepada Malaikat.
Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
Menjelaskan cirri-ciri orang yang beriman kepada Malaikat.
Menampilkan perilaku mulia yang mencerminkan iman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan keempat :
Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat.
Menyebutkan ayat yang berhubungan dengan kewajiban beriman kepada Malaikat.
Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan kewajiban kepada Malaikat.
Pertemuan kelima :
Menjelaskan tugas Malaikat.
Menjelaskan manfaat beriman kepada Malaikat.
Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
Pertemuan keenam :
Menampilkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
Menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman
B. Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Latihan
C. Langkah-langkah :

No. Pertemuan Materi Kegiatan Tugas
Tadarrus/Appersepsi
1 IV Pengertian beriman kepada Malaikat Tanya Jawab
2 Ayat kewajiban beriiman kepada Malaikat Latihan
3 Hadis kewajiban beriman kepada Malaikat Latihan
4 V Tugas Malaikat Tanya Jawab
5 Manfaat beriman kepada Malaikat Tanya Jawab
6 Contoh perilaku beriman kepada Malaikat Diskusi
7 VI Ciri-ciri beriman kepada Malaikat Tanya Jawab
8 Menampilkan perilaku mulia cermin iman Tanya Jawab
kepada Malaikat
9 Membedakan orang beriman dan tidak Tanya Jawab
beriman kepada Malaikat

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Buku Paket PAI
CD Asmaa-ul Husna
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir
Karawang, Januari 2010
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,

Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
9 ( Sembilan )

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 2
Pertemuan ke : 7,8,9
Alokasi Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 menit )

I. Standar Kompetensi
9. Membiasakan perilaku terpuji.
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.
Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu.
Mempraktekkan adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan atau menerima tamu dalam kehidupan sehari-hari.
III. Indikator
Pengertian adab berpakaian.
Pengertian adab dalam berhias.
Pengertian adab dalam perjalanan.
Pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu.
Ayat yang mewajibkan berpakain.
Hadits tentang berhias.
Hadits tentang adab dalam perjalanan.
Hadits tentang adab bertamu dan menerima tamu.
Contoh adab dalam berpakaian.
Contoh adab dalam berhias.
Contoh adab dalam perjalanan.
Menunjukkan adab dalam bertamu dan menerima tamu.
Mampu menerapkan berpakaian yang benar menurut Islam.
Mampu mempraktekkan yang baik dalam berhias.
Mampu mempraktekkan yang baik dalam perjalanan.
Mampu mempraktekkan yang baik dalam bertamu dan menerima tamu.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan ketujuh :
Menjelaskan pengertian adab dalam berpakaian.
Menjelaskan pengertian adab dalam berhias.
Menjelaskan pengertian adab dalam perjalanan.
Menjelaskan pengertian adab dalam bertamu dan menerima tamu.
Menyebutkan ayat tentang kewajiban dalam berpakaian.
Menyebutkan hadits tentang adab berhias.
Menyebutkan hadits tentang adab dalam perjalanan.
Pertemuan kedelapan :
Menyebutkan hadits tentang adab bertamu dan menerima tamu.
Menunjukkan contoh adab dalam berpakaian.
Menunjukkan contoh adab dalam berhias.
Menunjukkan contoh adab dalam perjalanan.
Menunjukkan contoh adab bertamu dn menerima tamu.
Pertemuan kesembilan :
Mempraktekkan perilaku yang baik dalam berpakaian.
Mempraktekkan perilaku yang baik dalam berhias.
Menerapkan perilaku yang baik dalam perjalanan.
Mempraktekkan perilaku yang baik dalam bertamu dan menerima tamu.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman
B. Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Latihan
C. Langkah-langkah
No. Pertemuan Materi Kegiatan Tugas

Appersepsi
1 VII Pengertian adab berpakaian Tanya Jawab
2 Pengertian adab berhias Tanya Jawab
3 Pengertian adab dalam perjalanan Tanya Jawab
4 Pengertian adab bertamu & menerima tamu Tanya Jawab
5 Ayat kewajiban berpakaian Latihan
6 Hadits tentang berhias Latihan
7 Hadits adab dalam perjalanan Latihan
8 VIII Hadits bertamu dan menerima tamu Latihan
9 Contoh adab berpakaian Diskusi
10 Contoh adab berhias Diskusi
11 Contoh adab dalam perjalanan Diskusi
12 Contoh adab bertamu dan menerima tamu Diskusi
13 IX Mempraktekkan perilaku yang baik dalam Diskusi
berpakaian
14 Mempraktekkan perilaku yang baik dalam Diskusi
berhias
15 Mempraktekkan perilaku yang baik dalam Diskusi
perjalanan
16 Mempraktekkan perilaku yang baik dalam Diskusi
bertamu dan menerima tamu

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Hadits Bukhori Muslim
Buku Paket PAI
Majalah Islam tentang Model Pakaian
Majalah Islam tentang Produk Kosmetika
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir
Karawang, Januari 2010
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,

Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
10 ( Sepuluh )

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 2
Pertemuan ke : 10,11,12
Alokasi Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 memnit )

I. Standar Kompetensi
10. Menghindari perilaku tercela.
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
Menghindari perilaku hasad, riya, aniaya dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.
III. Indikator
Menyebutkan pengertian hasad.
Menyebutkan pengertian riya.
Menyebutkan pengertian aniaya.
Menyebutkan pengertian diskriminasi.
Menyebutkan ayat larangan berbuat hasad.
Menyebutkan ayat larangan berbuat riya.
Menyebutkan larangan berbuat aniaya.
Menyebutkan larangan berbuat diskriminasi.
Menunjukkan contoh perbuatan hasad.
Menunjukkan contoh perbuatan riya.
Menunjukkan contoh perbuatan aniaya.
Menunjukkan contoh perbuatan diskriminasi.
Menjelaskan cara menghindari perbuatan hasad.
Menjelskan cara menghindari perbuatan riya.
Menjelaskan cara menghindari perbuatan aniaya.
menjelaskan cara menghindari perbuatan diskriminasi.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan kesepuluh :
Menyebutkan pengertian hasad.
Menyebutkan pengertian riya.
Menyebutkan pengertian aniaya.
Menyebutkan pengertian diskriminasi.
Menyebutkan ayat larangan hasad.
Menyebutkan ayat larangan riya.
Pertemuan kesebelas :
menyebutkan ayat larangan aniaya.
menyebutkan ayat larangan diskriminasi.
Menunjukkan contoh perilaku hasad.
Menunjukkan contoh perilaku riya.
Menunjukkan contoh perilaku aniaya.
Menunjukkan contoh perilaku diskriminasi.
Pertemuan keduabelas :
Menjelaskan cara menghindari hasad.
Menjelaskan cara menghindari riya.
menjelaskan cara menghindari aniaya.
menjelaskan cara menghindari diskriminasi.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman
B. Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Latihan
C. Langkah-langkah :

No. Pertemuan Materi Metode Tugas
Tadarrus/Appersepsi

1 X Menyebutkan arti hasad Tanya Jawab
2 Menyebutkan arti riya Tanya Jawab
3 Menyebutkan arti aniaya Tanya Jawab
4 Menyebutkan arti diskriminasi Tanya Jawab
5 Ayat larangan hasad Latihan
6 Ayat larangan riya Latihan
7 XI Ayat larangan aniaya Latihan
8 Ayat larangan diskriminasi Latihan
9 Contoh perilaku hasad Tanya Jawab
10 Contoh perilaku riya Tanya Jawab
11 Contoh perilaku aniaya Tanya Jawab
12 Contoh perilaku diskriminasi Tanya Jawab
13 XII Cara menghindari hasad Diskusi
14 Cara menghindari riya Diskusi
15 Cara menghidari aniaya Diskusi
16 Cara menghindari diskriminasi Diskusi

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Hadits Bukhori Muslim
Buku Paket PAI
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir
Karawang, Januari 2010
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,

Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
11 ( Sebelas )

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 2
Pertemuan ke : 13,14,15
Alokasi Waktu : 6 Jam ( 3 X 45 memnit )
I. Standar Kompetensi
11. Memahami hokum Islam tentang Zakat, haji dan Wakaf.
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan perundang-undngan tentang Zakat, haji dan Wakaf.
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan Zakat, haji dan Wakaf.
Menerapkan ketentuan perundang-undangan pengelolaan Zakat, haji dan Wakaf.
III. Indikator
Menjelaskan perundang-undangan pengelolaan Zakat.
Menyebutkan ayat dan hadits yang berhubungan dengan Zakat.
Menyebutkan nisab dan haul Zakat.
Menyebutkan golongan yang menerima zakat.
Menyebutkan contoh pengelolaan Zakat.
Menentukan cara untuk menerapkan perundang-undangan Zakat.
Menjelaskan perundang-undangan haji.
Menyebutkan ayat yang berhubungan dengan Haji.
Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan haji.
Menyebutkan cara pelaksanaan Haji.
Praktek manasik Haji.
Menjelaskan perundang-undangan Wakaf.
Menyebutkan ayat yang berhubungan dengan Wakaf.
Menyebutkan hadits yang berhubungan dengan Wakaf.
Menjelaskan benda-benda yang boleh diwakafkan.
Menentukan cara untuk menerapkan perundang-undangan tentang Wakaf.

IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Perrtemuan keduabelas :
Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan Zakat.
Menyebutkan ayat dan hadits tentang Zakat.
Menyebutkan nisab dan haul Zakat.
Menyebutkan golongan yang menerima Zakat.
Menyebutkan contoh pengelolaan Zakat.
Menentukan cara untuk menerapkan perundang-undangan Zakat.
Pertemuan ketigabelas :
Menjelaskan perundang-undangan tentang Haji.
Menyebutkan ayat tentang Haji.
Menyebutkan hadits tentang Haji.
Menjelaskan cara pelaksanaan Haji.
Praktek manasik haji.
Pertemuan keempatbelas :
Menjelaskan perundang-undangan tentang Wakaf.
Menyebutkan ayat tentang Wakaf.
Menyebutkan hadits tentang Wakaf.
Menjelaskan benda-benda yang boleh diwakafkan.
Menentukan cara untuk menerapkan perundang-undangan Wakaf
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman, Emosional
B. Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Latihan, Demonstrasi
C. Langkah-langkah :

No. Pertemuan Materi Metode Tugas
Tadarrus/Appersepsi

1 XIII Penjelasan perundang-undangan Zakat Tanya Jawab
2 Ayat dan hadits kewajiban Zakat Latihan
3 Nisab dan haul Zakat Tanya Jawab
4 Golongan penerima Zakat Tanya Jawab
5 Contoh pengelolaan Zakat Diskusi
6 XIV Cara menerapkan UU Zakat Diskusi
7 Penjelasan UU Haji Tanya Jawab
8 Ayat kewajiban haji Latihan
9 Hadits kewajiban haji Latihan
10 Cara pelaksanaan haji Diskusi
11 XV Praktek manasik haji Demonstrasi
12 Penjelasan UU Wakaf Tanya Jawab
13 Ayat tentang Wakaf Latihan
14 Hadits tentang Wakaf Latihan
15 Benda-benda yang boleh diwakafkan Tanya Jawab
16 Cara mengelola Wakaf Diskusi

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Hadits Bukhori Muslim
Fiqh Sunnah
Buku Paket PAI
Administrasi pengelolaan zakat
Perangkat praktek manasik haji
Administrasi pengelolaan wakaf
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir
Karawang, Januari 2010
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,

Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
12( Duabelas )

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Smester : X / 2
Pertemuan ke : 16,17
Alokasi Waktu : 4 Jam ( 2 X 45 memnit )
I. Standar Kompetensi
12. Meneladani keteladanan Rasulullah saw. periode Madinah.
II. Kompetensi Dasar
Menceriterakan sejarah dakwah Rasulullah saw. periode Madinah.
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullah saw. periode Madinah.
III. Indikator
Menjelaskan dakwah Rasulullah saw. periode Madinah.
Menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah saw. ke Madinah.
Menunjukkan profil dakwah Rasulullah saw. periode Madinah.
Menyimak film the massage tentang perjuangan Rasulullah saw. CD 1-2
Mencatat ayat dalam perjalanan film the massage
Mendikusikan film the massage tentang perjuangan rasulullah saw.
Mempresentasikan hasil film the massage perjuangan rasulullah saw.
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw. periode Madinah.
Menjelaskan keberhasilan yang diperoleh Rasulullah saw. pada periode Madinah.
Menyimak film the massage perjuangan Rasulullah saw. CD 3
Menulis jalan ceritera film the massage perjuangan Rasulullah saw.
Mendiskusikan film the massage CD 3
Mempresentasikan hasil film the massage CD 3.
Menjelaskan hikmah sejarah perjuangan Rasulullah saw. hingga futuh Makkah dari hasil menyimak film the massage.
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini, diharapkan siswa dapat :
Pertemuan keenambelas :
Menjelaskan sejarah Rasulullah saw. periode Madinah.
Menjelaskan latar belakang hijrah Rasulullah saw. ke Madinah.
Menunjukkan profil dakwah rasulullah saw. periode Madinah.
Menyimak film the massage sejarah perjuangan Rasulullah saw. CD 1-2
Mencatat jalan ceritera dan ayat dalam fil the massage.
Mendiskusikan film the massage.
Mempresentasikan hasil menyimak film the massage perjuangan Rasulullah.
Pertemuan ketujuhbelas :
Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah saw. periode Madinah.
Menjelaskan keberhasilan dakwah yang diperoleh Rasulullah saw. periode
Madinah.
Menyimak film the massage sejarah perjuangan Rasulullah saw. CD 3
Menulis ayat dan jalan ceritera film the massage.
Mendiskusikan film the massage.
Mempresentasikan hasil diskusi dan menyimak film the massage.
Menjelaskan hikmah mempelajari sejarah perjuangan Rasulullah saw. periode Madinah dan hasil menyimak film the massage.
V. Kegiatan Belajar Mengajar
A. Pendekatan : Pembiasaan, Pengalaman, Emosional
B. Metode : Tanya Jawab, Diskusi, Presentasi, Tugas Pemutaran
Film the massage
C. Langkah-langkah :
No. Pertemuan Materi Metode Tugas

Tadarrus/Appersepsi
1 XVI Penjelasan sejarah Rasulullah di Madinah Tanya Jawab
2 Latar belakang Hijrah ke Madinah Tanya Jawab
3 Profil dakwah Rasulullah di Madinah Tanya Jawab
4 Menyimak film the massage CD 1-2 Menonton film
5 Menulis ayat dan jalan cerita film the Tugas
Massage
6 Mendiskusikan film the massage Diskusi
7 Mempresentasikan film the massage Demonstrasi
8 XVII Menjelaskan strategi dakwah Rasulullah Tanya Jawab
9 Menjelaskan keberhasilan dakwah Tanya Jawab
Rasulullah di Madinah
10 Menyimak film the massage CD 3 Menonton film
11 Menulis ayat dan jalan ceritera film the Tugas
Massage
12 Mendiskusikan film the massage Diskusi
13 Mempresentasikan hasil menyimak film the Demonstrasi
Massage
14 Menjelaskan hikmah dakwah Rasulullah saw. Tanya Jawab
di Madinah dan pada film the massage

VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Al-Qur’an
Al-Qur’an dan terjemahannya
Buku Paket PAI
Buku Sejarah Rasulullah saw.
CD Film The Massage 1,2,3
Ruang AVA
Layar Film
VII. Penilaian :
A. Prosedur :
1. Penilaian Proses Belajar
2. Penilaian Hasil Belajar
B. Alat Penilaian :
Soal-soal terlampir
Karawang, Januari 2010
GPAI,
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 5,

Drs. ARUP WARDI SUWARDI Drs. AGUS SUBANDI
Nip. 195806211982121001 Nip. 196204161985031011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar